Begini Seharusnya Pola Makan Sahur di Bulan Ramadhan

239
Pastikan kandungan makan sahur harus ada karbo-nya, lemak, protein, serat, vitamin dan mineral yang kita dapatkan dari nasi merah, sayuran, telur, tahu, tempe dan buah secara seimbang (Photo : Istimewa)

Jakarta, X-File.id – Saat puasa, ada kecenderungan untuk makan sahur banyak agar kuat bertahan hingga sore hari. Padahal, terlalu banyak makan saat sahur malah bisa menimbulkan efek samping. Yang penting adalah keseimbangan asupan nutrisi dalam tubuh.

Spesialis Gizi Klinik Premier Bintaro, dr. Diah Prasmapti, SpGK, menyatakan daripada memperbanyak porsi makan, akan lebih baik jika yang diperhatikan adalah kandungan nutrisinya.

“Yang lebih baik itu, memastikan kandungan dari makanan sahur kita. Harus ada karbo-nya, lemak, protein, serat, vitamin dan mineral yang kita dapatkan dari nasi merah, sayuran, telur, tahu, tempe dan buah secara seimbang,” kata dr. Diah saat dihubungi, Jumat (16/4/2021).

Ia juga menekankan pentingnya untuk meminum air putih minimal dua gelas saat sahur untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan selama berpuasa seharian.

“Jadi yang penting bukan jumlahnya tapi komposisi dalam satu piring. Dengan nutrisi yang lengkap, maka rasa kenyangnya juga akan bertahan lama,” ujarnya.

Kalau makan terlalu banyak, maka akan menimbulkan keluhan begah.

“Terlalu kenyang akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Yang pada sebagian orang akan menimbulkan perasaan malas bergerak atau malah tertidur. Padahal harus ada jeda dari makan ke waktu tidur,” ujarnya lebih lanjut.

Jumlah karbohidratnya, bisa diumpamakan dengan tiga centong nasi. Yang penting adalah gabungan protein dan seratnya.

“Kalorinya boleh saja sama. Tapi komposisi tepat antara karbo dengan protein dan serat dengan karbo saja tentunya akan menghasilkan kenyang yang lebih lama pada yang ada campuran protein dan serat,” ungkapnya.

Spesialis Gizi, dr. Juwalita Surapsari, SpGK mencontohkan mie instan tanpa tambahan apa pun, itu jumlahnya 600-790 kkal. Jumlah kalori yang sama didapatkan dari nasi 150 gram, ayam panggang ukuran sedang 1 potong, tempe goreng satu potong, sayur bayam 1 mangkok dan pepaya satu potong berukuran sedang.

“Tentunya yang menggunakan sayur, tempe dan buah akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan hanya mie polos saja. Karena ada protein dan seratnya,” ujarnya secara terpisah.

Kandungan Protein dan serat akan sangat berpengaruh pada rasa kenyang yang dirasakan oleh seseorang.

“Jadi, bukan jumlah karbo yang diperbanyak. Karbohidrat itu tidak bertahan lama karena dibakar lebih cepat oleh tubuh dibandingkan protein. Yang penting itu gizi seimbangnya,” pungkasnya.(Sss/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here