Edukasi Pencegahan COVID 19 Ke Masyarakat Terus Diterapkan

0
337
masyarakat diharapkan akan dapat mencegah semakin meluasnya perkembangbiakan virus COVID 19. (Foto : Istimewa)

Jakarta, X-File.id – Edukasi gaya hidup bersih secara terus menerus kepada masyarakat diharapkan akan dapat mencegah semakin meluasnya perkembangbiakan virus COVID 19. Karena dengan memahami proses penyebaran virus COVID 19, diharapkan masyarakat dapat melakukan tindakan pencegahan secara mandiri.

Tim Kesehatan Dompet Dhuafa dr. Yeni Purnamasari menyebutkan upaya edukasi kepada masyarakat, merupakan salah satu cara untuk mencegah semakin meluasnya paparan virus COVID 19.

“Masyarakat harus paham bahwa penyebaran virus ini bisa melalui dua cara, yaitu droplet dan kontak erat dengan pengidap COVID 19,” kata dr. Yeni saat acara Ngariung Online, Jumat (20/3).

Ia menjelaskan bahwa droplet itu adalah percikan dahak atau ludah yang berukuran kecil dan mengandung virus.

“Saat droplet ini terhirup, maka virus tersebut akan masuk ke saluran pernapasan dan akan  menemukan inang untuk berkembang biak. Inang dari virus ini haruslah sel hidup. Artinya, jika menempel pada benda mati, virus ini hanya akan bertahan hidup untuk waktu tertentu tapi tidak bisa berkembang biak,” ujarnya.

Untuk menjaga paparan droplet ini, dr. Yeni menyebutkan ada beberapa cara untuk membuat virus ini mati.

“Yang bisa membunuh virus ini adalah alkohol dengan kadar 70 persen, Chlorin,  cahaya Matahari dan proses perebusan,” katanya lebih lanjut.

Ia menjelaskan Chlorin biasa ditemukan pada cairan pemutih yang biasa dijual secara bebas.

“Tentunya tahu lah, beberapa merk yang memang sering digunakan oleh ibu-ibu. Chlorin ini diencerkan dengan perbandingan 1 bagian Chlorin dicampur dengan 9 bagian air. Cairan ini nanti bisa digunakan sebagai desinfektansi,” ujarnya.

Cairan ini bisa digunakan pada benda-benda di seputar kita, yang ditenggarai mampu sebagai tempat virus bertahan.

“Ada beberapa lokasi yang sudah sering disampaikan dalam literatur resmi. Contohnya, pada pegangan pintu. Jika terbuat dari alumunium, maka virus bisa bertahan 2-8 jam. Kalau terbuat dari besi atau baja nirkarat, virus bertahan hingga 2-3 hari. Atau jika plastik, maka virus dinyatakan pada kasus tertentu, bisa bertahan hingga 5 hari,” urainya.

Jadi, lanjutnya, dengan melakukan penyemprotan atau pengelapan atau pengepelan pada lokasi yang disebutkan akan  bisa menghilangkan virus tersebut.

“Kalau untuk benda yang sering kita pegang, seperti uang atau handphone, bisa dihilangkan dengan cara mencuci tangan dengan cairan yang mengandung alkohol 70 persen,” ujarnya lebih lanjut.

Untuk pakaian atau alas tempat tidur, bantal dan guling, bisa dilakukan penjemuran di bawah sinar matahari antara 2-3 jam.

“Dan untuk bahan konsumsi, dipastikan harus dimasak secara benar hingga mendidih,” tandasnya.

Yeni menegaskan bahwa pemahaman akan gaya hidup sehat dan bersih merupakan cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus COVID 19 ini.

“Virus tidak bisa masuk ke tubuh jika kita menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh hidung, mulut dan mata. Jadi rajin mencuci tangan itu penting,” tegasnya.

Kepala IGD RS Yarsi dr. Febriyanti Umar, SpEM yang dihubungi terpisah, menyatakan pentingnya mencuci tangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saat mencuci tangan, cairan sabun harus diusap dan digosokkan ke seluruh tangan dengan gerakan memutar. Punggung tangan juga harus terkena. Lalu gosok sela jari tangan, jangan ada yang terlewat,” urainya.

Ujung jari dibersihkan dengan saling menautkan jari-jari tangan dan  bersihkan area ibu jari dengan cara memutarkan tangan disekeliling nya.

“Terakhir, baru kita tempelkan seluruh ujung jari ke telapak tangan dan digosokkan secara perlahan. Setelah itu baru dibalas dengan air dan dikeringkan,” paparnya.

Febri menekankan pentingnya masyarakat memahami tahapan mencuci tangan ini dan menerapkannya dengan baik.

“Tidak usah panik jika tidak ditemukan hand sanitizer. Toh dirumah kita pasti ada sabun. Rajin saja mencuci tangan, terutama jika baru saja pulang dari luar rumah,” pungkasnya.(Yyn/Red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here