Hujan Disertai Petir Akan Selimuti Jakarta Lagi

0
432
Perkiraan suasana langit Jakarta beberapa hari kedepan (Foto : Istimewa)

Jakarta, X-File.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  memperkirakan Jakarta akan mengalami hujan ringan hingga hujan disertai petir pada pagi dan siang hari. Dan diikuti dengan kondisi berawan dari sore hingga esok pagi.

Kasubbid Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Siswanto, M.Sc menyampaikan bahwa hujan lokal akan terjadi pagi hari di area Jakarta Barat.

“Memasuki siang, kita prakirakan hujan lokal akan terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat  dan Kepulauan Seribu. Sementara di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, kita prakirakan mengalami hujan yang disertai kilat atau petir,” kata Siswanto saat dihubungi, Sabtu (25/1).

Dan memasuki sore hari hingga malam, sampai esok pagi,  Siswanto menyatakan kondisi Jakarta secara keseluruhan diprakirakan berawan.

“Yang menjadi dasar prakiraan adalah pertama, terdapat daerah pertemuan angin (konvergensi) yang memanjang dari pesisir Barat Sumatera Barat hingga pesisir Barat Lampung, memanjang dari Jawa Barat bagian Utara, Jawa Tengah bagian Utara, Jawa Timur bagian Utara, Bali bagian Utara hingga NTB bagian Utara, memanjang dari Sulawesi Tengah bagian Selatan hingga perairan Selatan Sulawesi Selatan, serta mdemanjang di perairan Utara Papua Barat hingga Papua Barat bagian Tengah. Kondisi ini berpeluang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di Sumatera utara bagian Selatan, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung bagian Barat, Jawa Timur bagian Utara, Bali bagian Utara, NTB bagian Utara,  Sulawesi Tengah bagian Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara bagian Barat, Sulawesi Selatan,” urainya.

Yang kedua, menurut Siswanto, labilitas lokal kuat yang berinteraksi dengan faktor topografi yang kompleks seperti  pantai, pegunungan, perbukitan, yang kemudian mendukung proses konvektif pada skala lokal terutama di Aceh, Pesisir Barat Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung bagian Barat, Baten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah bagian bagian Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara bagian Barat, dan Papua bagian Tengah.

“Kondisi ini dapat menimbulkan perubahan cuaca yang cepat dan dinamis dan mampu meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah tersebut,” ujarnya.

Yang ketiga adalah adanya intrusi udara kering (dry intrusion) yang memanjang dari Samudera Hindia Selatan Jawa Tengah hingga Selatan NTB, terjadi di sepanjang Malaysia Timur bagian Utara.

“Kondisi ini menyebabkan potensi hujan di wilayah “muka” dry intrusion yakni di Kalimantan Tengah bagian Utara dan Kalimantan Barat bagian Utara,” tandasnya.

Untuk prakiraan potensi hujan di wilayah Indonesia, Siswanto menyebutkan, keseluruhan wilayah Kalimantan, Sulawesi kecuali Sulawesi Utara,  Papua, seluruh wilayah Jawa, Lampung, Jambi, Bengkulu, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Kepulauan Bangka Belitung berpotensi hujan lebat.

“Potensi angin kencang akan terjadi di Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Maluku,” pungkasnya.(Tst/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here