Inovasi LIPI untuk Industri Perkayuan Indonesia

0
217
Aplikasi AIKO yang digunakan untuk mengidentifikasi kayu (Foto : Jalu)

Jakarta, X-File.id – Dengan memanfaatkan teknologi, para peneliti kayu maupun pelaku industri saat ini dapat dengan mudah mengidentifikasi kayu dengan aplikasi AIKO.

Staf Peneliti Pusat Penelitian Informatika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ayu Shabrina menyebutkan AIKO adalah Alat Identifikasi Kayu Otomatis.

“Aplikasi ini untuk mengidentifikasi kayu dengan cepat. Jika imaging process-nya berhasil, maka akan muncul data terkait spesies,  suku, nama dagang, status dan kegunaan di layar aplikasi,” kata Ayu saat ditemui, Kamis (31/10).

Ayu menjelaskan bahwa mekanisme pengenalan kayu ini berbasis pada pemindahan data gambar menjadi data informasi.

“Kayu yang kita mau ketahui jenisnya, kita dekatkan dengan alat pembesaran 60 kali. Ambil fotonya. Saat sudah muncul pemberitahuan hasil gambar 99 persen, maka itu sudah berhasil. Tunggu sebentar, nanti akan langsung muncul data terkait kayu tersebut,” urai Ayu seraya mencontohkan cara penggunaan aplikasi AIKO.

Ayu menyampaikan bahwa proyek AIKO ini awalnya merupakan kerja sama dengan pihak kehutanan.

Pengetesan Aplikasi AIKO yang digunakan untuk mengidentifikasi kayu (Foto : Jalu)

“Para pekerja kehutanan yang bertugas mengidentifikasi kayu, biasanya membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasilnya. Sekitar dua minggu untuk proses pengenalan kayu secara manual. Kalau dengan ini bisa cepat. Selama ada jaringan internet, maka proses identifikasi hanya membutuhkan hitungan menit saja,” tuturnya.

Jaringan internet dibutuhkan untuk menghubungkan dengan HTC, yaitu server tempat seluruh data kayu tersimpan.

“Ini dulu adalah program insinas. Yaitu program kemitraan dengan berbagai lembaga. Sekitar tahun 2017 mulainya,” kata Ayu lebih lanjut.

Aplikasi AIKO ini menurut Ayu bisa diakses oleh semua orang, karena sudah tersedia di Playstore.

“Sekarang sudah ada di Playstore. Tinggal diunduh saja aplikasinya. Yang penting ada kamera dan alat pembesar image 60x. Alatnya juga sudah dijual bebas di toko online,” pungkasnya. (Twq/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here