Mumpuni Teknologi Small cell, Smartfren Optimis Tatap 5G

312
Foto : Robot Smartfren (istimewa)

Ponorogo, X-File.id – Operator telekomunikasi Smartfren mengakui jika pihaknya telah mempergunakan teknologi small cell untuk menangani kebutuhan 4G di seluruh Indonesia. Selain untuk membuat jaringan rapat sehingga tidak terjadi blank spot, small cell juga merupakan syarat menuju jaringan 5G.

VP Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo, menjelaskan, small cell merupakan perangkat transmisi jaringan untuk menaungi area geografis yang kecil.

“Small cell berperan untuk mengirimkan kecepatan data dan lattency yang rendah demi kebutuhan 5G. “Small cell salah satu road (jalan) untuk ke 5G. Jadi nanti kalau kita 5G, kita sudah memiliki jalannya (small cell) sehingga tidak terlalu sulit,” kata Munir saat acara Media Experience East Java di Plataran Bromo, Jawa Timur.

Small cell merupakan infrastruktur jaringan yang jauh lebih kecil dibanding macro cell. Sebab small cell ini bisa ditempelkan di tembok-tembok rumah, maupun tiang listrik.

“Kelebihannnya low elektrisitas, dayanya kecil, desainnya sangat compact sehingga bisa dipasang di ruang yang terbatas itu lebih mudah, ringan, dan cepat instalasinya,” tuturnya.

Munir menyebutkan, secara nasional small cell sudah terpasang. Terutama Pulau Sumatera dan Jawa, pokoknya ada ribuan,” tandasnya.(Sle/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here