Proses Clean Up BATAN Masuki Tahap Akhir

0
640
Proses coring yang dilakukan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) hingga hari ke-11 (Foto : Istimewa)

Jakarta, X-File.id – Kegiatan Clean-up di Perumahan Batan Indah Serpong yang memasuki hari ke-17 sudah berhasil mengumpulkan 638 drum tanah dan vegetasi. Drum ini selanjutnya disimpan di penyimpanan limbah radioaktif sementara yang dimiliki oleh Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR)  Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama, Heru Umbara menyampaikan pada hari ke-16, Kamis (5/3) kegiatan Clean-up difokuskan pada beberapa titik hasil coring yang masih menunjukkan paparan di atas ambang batas.

“Untuk hari ini, tidak ada kegiatan Clean-up. Kami sedang menunggu hasil analisis dari sampel pohon yang kita ambil kemarin,” kata Heru saat dihubungi, Jumat (6/3).

Ia menambahkan bahwa pada hari Senin (8/3) baru akan dilanjutkan dengan persiapan pemotongan pohon yang terkontaminasi.

“Semoga ini akan menjadi tahapan terakhir sebelum kita memasuki tahapan remediasi,” tandasnya.

Kepala Bidang Radioekologi, Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi, Untara menjelaskan pengambilan sampel tanaman sudah dilakukan sejak Senin (2/3).

“Untuk meneliti kontaminasi terhadap pepohonan, kita telah mengambil sampel berupa daun dan buah dari beberapa pohon di lahan yang terkontaminasi,” kata Untara saat dihubungi secara terpisah.

Untuk melengkapi data yang sudah ada dan menentukan sejauh mana pohon-pohon tersebut terkontaminasi, Untara menambahkan, perlu mengambil sampel berupa kulit pohon yang berjenis tanaman keras.

“Kemarin kita sudah melakukan pengambilan sampel kulit pohon  di delapan jenis pohon yang mempunyai akar dengan jangkauan yang jauh,” ujarnya lebih lanjut.

Adapun mekanisme analisis terhadap sampel pepohonan ini hampir sama perlakuannya dengan analisis terhadap tanah hasil coring, yang membedakan adalah cara penyiapan sampelnya.

“Pada prinsipnya sampel diukur dengan perangkat spektrometer gamma untuk mengetahui kandungan Cs-137. Kira-kira 3 hari kedepan hasilnya sudah ada dan dapat dilakukan tindakan selanjutnya,” pungkasnya.(Hgf/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here