Shower Orchid Tumbuh di Udara Panas Sepanjang Tahun

0
498
Shower Orchid atau Congea dapat tumbuh di Udara Panas Sepanjang Tahun (Foto : Jack)

Bogor,  X-File.id – Ragam fauna rambat di Indonesia sangatlah banyak. Salah satunya adalah Congea atau yang lebih dikenal dengan nama Shower Orchid.

Staf Agro Taman Buah Mekarsari Sodikin menyatakan walaupun bernama Shower Orchid, Congea bukanlah anggrek.

“Congea ini masuk dalam kelompok tanaman rambat. Familinya Verbenaceae. Bunganya bergerombol dan banyak. Di Mekarsari, kita punya yang berwarna silver dan pink. Tapi yang silver belum muncul bunganya saat ini. Baru yang Pink yang mulai berbunga,” kata Sodikin saat ditemui di Area Nursery Taman Buah Mekarsari, Bogor, Jumat (20/3).

Ia menyebutkan Congea ini cocok bertumbuh di area dengan udara panas dan Matahari sepanjang tahun.

“Untuk perkembangbiakan di Mekarsari, dilakukan dengan cara stek. Tingkat keberhasilannya 70 persen. Karena memang sumbernya sudah banyak. Ya kita sudah punya Congea ini sekitar 10 tahun. Tapi kalau untuk awal bisa menggunakan biji sebagai bibit,” ujarnya.

Dengan sistem stek, ia menyebutkan, dalam waktu enam bulan, Congea sudah akan mencapai tinggi sekitar 50 cm. Dan dalam waktu 1-2 tahun, akan terlihat maksimal pertumbuhannya.

“Congea ini memiliki banyak cabang yang menggantung dengan panjang antara 10 sampai 15 meter. Batangnya silindris tanpa daun penumpu,” urainya.

Daun Congea berhadapan dengan ukuran panjang  5-9 cm dan lebar 3-10 cm. Berbentuk bulat telur, variasi ujung daun ada yang runcing ada yang menumpul dan pangkalnya membulat dengan tepi rata atau sedikit bergelombang.

“Permukaan atas daun berbulu halus dan berwarna hijau gelap, permukaan bawahnya putih, tulang belakang daun menonjol dan memiliki tangkai daun sepanjang 5-13 mm,” kata Sodikin seraya menunjukkan koleksi Congea milik Taman Buah Mekarsari.

Bunga Congea berada di ujung batang, kelopaknya mencorong 5-7 cm dan berwarna hijau cerah.

“Tampilan mahkota bunga serupa bintang. Kalau dilihat seperti tabung dengan bagian atas membulat. Putik dan benang sarinya memiliki panjang yang sama,” papar Sodikin lebih lanjut.

Sebagai tanaman rambat hias, Sodikin menyebutkan Congea bisa menjadi pilihan. Karena selain tanaman ini gampang dirawat, juga karena mampu berbunga sepanjang tahun.

“Walaupun memang, kalau dibandingkan dengan air mata pengantin, Congea membutuhkan waktu yang lebih lama untuk masuk dalam fase berbunga maksimal. Tapi dengan keindahan warna silver dan pink-nya,  saya pikir masa menunggu yang dibutuhkan jadi tidak terasa,”  pungkasnya.(Ghf/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here