Tabur Bunga di KPK, Tandai Matinya Pemberantasan Korupsi

0
1562
Foto : Jck

Jakarta, X-File.id – Ratusan orang yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil dan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa malam (17/9) menggelar teatrikal prosesi pemakaman KPK di gedung Merah Putih KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Aksi yang diwarnai pemadaman lampu depan lobi gedung KPK ini menandakan telah matinya symbol KPK sebagai lembaga anti rasuah atas disahkannya revisi UU KPK.

Aksi yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti membawa bendera kuning, menyalakan lilin hingga tabur bunga ini mengisyaratkan jika keberadaan KPK sebagai lembaga pemberantas korupsi di Indonesia telah mati akibat disahkannya revisi Undang-undang Nomor 30 tahun 2002 tentang KPK.

Teatrikal yang dilakukan massa aksi ini dilakukan usai DPR RI mengesahkan RUU KPK dalam rapat paripurna pada Selasa siang (17/9). RUU KPK yang disahkan tersebut mendapat tantangan kuat dari berbagai elemen masyarakat, diantaranya akademisi, guru besar, koalisi masyarakat hingga KPK sendiri.

Suasana makin terasa senyap saat senadung lagu Ibu Pertiwi yang dinyanyikan oleh massa aksi mengiringi prosesi tabur bunga dan peletakkan karangan bunga di sebuah kuburan di lobi KPK tersebut.

Menurut salah satu peserta aksi Nadeeva mengatakan jika aksi yang mereka gelar ini merupakan keprihatinan atas kewenangan KPK di dalam memberantas korupsi di Indonesia.

“Kami sangat sedih atas pengesahan RUU KPK, sebagai tanda keprihatinan ini kami pun menghadiri prosesi pemakaman KPK sebagai lembaga pemberantasan korupsi,” ungkap Nadeeva. (Jck/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here