Zumba Berikan Banyak Manfaat Untuk Anak-anak

0
326
Zumba Kids yang berguna untuk menghilangkan stress (Foto : Istimewa)

Jakarta, X-File.id – Merebaknya Zumba beberapa tahun belakangan ini, memiliki manfaat bagi kesehatan. Dan perkembangan Zumba juga membawa berita baik bagi kaum difabel.

Zumba Education Spesialis (ZES) asal Colombia David Velez menyatakan bahwa karakteristik Zumba yang mengutamakan pada ‘fun’ dan kenyamanan membuat Zumba bisa cepat berkembang di Indonesia.

“Zumba ini tidak terlalu mengikuti pakem. Maksudnya, para peserta Zumba hanya perlu menyesuaikan gerakan sesuai dengan kemampuan diri. Sehingga aspek menumbuhkan rasa senang akan tercapai,” kata David saat ditemui pada acara Goifex 2020 di The Pallas Jakarta, Minggu (16/2).

Zumba sendiri memiliki banyak kelas yang disusun berdasarkan kebutuhan para pesertanya.

“Sebagai contoh Zumba Gold, yang disediakan bagi peserta yang memiliki karakteristik khusus. Misalnya, para difabel, ibu hamil maupun para lansia,” ujarnya.

Ia menceritakan bahwa dirinya pernah menangani peserta Zumba yang tuna netra dan pengguna kursi roda.

“Gerakan yang kita gunakan disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan para tuna netra, saya memberikan contoh gerakan dengan sentuhan. Dan dengan musik pengiring yang pas, maka inti dari Zumba yaitu ‘fun’ bisa dirasakan oleh peserta,” ucapnya.

Dan keunggulan lain dari Zumba adalah tidak mengandalkan komando melalui suara.

“Para instruktur Zumba lebih mengandalkan pada isyarat tangan. Sehingga lebih membantu para peserta untuk berfokus pada kegiatan Zumba tersebut,” ungkapnya.

Zumba Education Spesialis (ZES) Sulis Sugianto memaparkan gerakan ritmis Zumba membantu para peserta untuk mendapatkan stamina endurance dan latihan kardio.

“Dengan melakukan Zumba selama 30 menit, para peserta selain mendapatkan pembakaran lemak dan body shaping, juga bisa mendapatkan efek kardio,” ujar ZES asli Indonesia ini.

Tentunya, ia menambahkan, sebelum melakukan kelas, para instruktur Zumba sudah dididik untuk mengidentifikasi kondisi peserta dan menentukan ‘move‘  yang tepat bagi peserta tersebut.

“Zumba ini macam-macam. Ada yang basisnya dance. Ini yang paling umum. Ada juga yang berbasis workout seperti Zumba Strong, yang bertujuan untuk meningkatkan massa otot dan kekuatan. Ada Zumba Gold untuk yang memiliki spesifikasi khusus. Bahkan kita juga memiliki Zumba Kids khusus untuk peserta anak-anak,” urainya.

Untuk Zumba Kids ini, Sulis menyebutkan ada pembagian menjadi dua batasan umur.

“Ada yang untuk umur 4-6 tahun, ada yang untuk 7-12 tahun. Semua basisnya adalah permainan. Karena memang ada beberapa ‘move’  di Zumba Fitness yang tidak cocok untuk konsumsi anak-anak. Tapi memang peminatnya masih kurang untuk Zumba Kids,” urainya.

Yang paling penting, menurutnya, Zumba ini membantu mengatasi rasa kurang percaya diri dan stres pada peserta.

“Karena sifat Zumba ini fun, banyak para peserta yang rata-rata adalah pekerja, bisa mendapatkan suasana lain. Dan ditambah dengan tidak adanya ketentuan gerakan yang baku, dinyatakan mampu mengurangi tingkat stres mereka,” pungkasnya.(Btx/Red)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here